Oleh: M.Arif Romadoni | 18 Juli 2010

DEPDIKNAS CAIRKAN TUNJANGAN PROFESI GURU 10, 9 TRILYUN

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menjelaskan bahwa mulai tahun 2010, pembayaran tunjangan profesi guru yang semula menggunakan dana dekonsentrasi akan dibayarkan secara permanen bersama gaji guru. Artinya, tunjangan itu dibayarkan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Untuk tahun 2010 ini, dana yang telah kami siapkan sebesar Rp 10,9 triliun untuk Tunjangan Profesi Pendidik (TPP), dan akan dibayarkan dengan gaji tiap bulan,” ujar Mendiknas, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, Senin (11/1).

Dijelaskan M Nuh, TPP tahun 2010 tersebut telah dialokasikan di dinas pendidikan kabupaten/kota melalui dana transfer ke daerah untuk sejumlah 379.342 guru PNS, yang terdiri dari kuota tahun 2006, 2007, 2008 dan sebagian tahun 2009. Selain itu, untuk guru bukan PNS dan sebagian guru PNS, juga dipastikan akan tetap dibayar melalui dana dekonsentrasi di dinas pendidikan provinsi masing-masing.

Sementara itu sebelumnya, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas, Baedhowi, juga telah menerangkan bahwa pihaknya mengharapkan tak akan ada alasan lagi dari daerah untuk tidak mencairkan tunjangan tersebut. “Pencairan tunjangan tersebut dilakukan mulai bulan Januari 2010 ini. Jika ada keterlambatan pencairan tunjangan itu, para guru silakan untuk melakukan protes kepada pemerintah kabupaten/kota,” ujarnya.

Baedhowi menambahkan, selain tunjangan profesi, Ditjen PMPTK juga siap memberikan tunjangan bagi guru daerah terpencil. Disebutkannya, saat ini ada sekitar 9.000 guru dari 139 kecamatan di daerah terpencil yang akan mendapat tunjangan khusus tersebut.

Sementara itu, dalam pelaksanaan sertifikasi guru yang telah memasuki tahun kelima ini, Baedhowi menerangkan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi menyeluruh atas program tersebut. Selain itu, guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik dan menikmati tunjangan profesi, akan dituntut untuk terus meng-upgrade kemampuannya. Depdiknas juga dipastikan akan menerjunkan pengawas untuk mengevaluasi kinerja para penerima sertifikat pendidik tersebut. (cha/esy/jpnn)

sumber: jppn


Responses

  1. Tunjangan Profesi Pendidikan sampai saat ini tanggal 04 Agustus 2010 tidak ada kabar untuk pencairannya, sedangkan kami ini Peserta Sertifekasi th 2006 yang seharusnya setiap 3 bulan menerima TPP di rekening, Kenapa sampai hari ini kok belum ada kabar kabari ?

    • Pak suwarso, menurut informasi yang saya peroleh, pencairan TPP masih diproses melalui kemendiknas dan kemenkeu dan terganjal beberapa peraturan di kemenkeu.informasi ini bisa bapak lihat di artikel saya selanjutnya.terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: