Oleh: M.Arif Romadoni | 18 Juli 2010

RAJIN MEMBACA DALAM BAHASA INGGRIS

Kemampuan Bahasa Inggris Anda dapat ditingkatkan dengan rajin membaca. Bacaan seperti apa yang anda perlukan?

• Bacaan bahasa inggris yang menyenangkan. Bacaan bahasa Inggris yang hendak kamu baca pada saat kamu mulai belajar adalah bacaan yang menyenangkan. Hal ini penting karena bacaan seperti itu akan membuat anda terus berusaha mencari dan membacanya setiap hari.

Bacaan bahasa Inggris tidak harus merupakan sesuatu yang bersifat intelektual. Dan tidak harus merupakan bacaan bahasa inggris yang akan meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan atau sejarah anda. Ingat: Anda harus menyakinkan diri Anda sendiri bahwa membaca dalam bahasa inggris adalah menyenangkan. Jangan merasa bersalah karena anda membaca komik, majalah, cerita detektif atau roman percintaan, dan lainnya.

 • Bacaan bahasa inggris yang menantang, tetapi janganlah terlalu menantang atau sulit. Apa maksudnya? Tentu akan ada sejumlah kata yang anda tidak tahu artinya, karena Anda ingin mempelajari sesuatu. Namun demikian, bacaan bahasa Inggris tersebut hendaknya jangan sampai memiliki kata-kata sulit yang banyak sekali, karena Anda tidak ingin menggunakan kamus sebanyak sepuluh kali hanya untuk memahami sebuah kalimat. Ada sebuah aturan sederhana di sini: Jika kamu tidak menikmati teks itu, gantilah bacaan yang lebih mudah.

 • Bacaan bahasa inggris dengan kalimat yang ingin kamu tulis atau ucapkan sendiri. Apakah Anda ingin berbicara mengenai komputer dalam bahasa inggris? Bacalah sebuah forum bahasa Inggris mengenai komputer. Ketika memilih sebuah buku, pilihlah buku yang menggunakan bahasa Inggris modern yang dipenuhi dengan dialog. Jika kamu membaca sebuah buku yang ditulis dengan bahasa Inggris obsolete yang penuh dengan deskripsi literary, anda tidak akan dapat menggunakan frase-frase dalam buku itu ketika anda menyusun kalimat-kalimat anda sendiri (kecuali jika anda menulis buku dalam bahasa inggris). Anda memerlukan kalimat-kalimat yang bermanfaat bagi anda sendiri agar anda dapat mengimitasinya. Mulailah dengan membaca beberapa buku dengan penulis yang sama (atau beberapa buku dengan subyek yang sama). Setiap penulis memiliki kosa-katanya, dan tata bahasanya sendiri. Contohnya, ketika anda membaca sebuah buku yang ditulis oleh Lupus, anda akan menemui banyak sekali kosa-kata anak muda. Setelah itu akan lebih mudah bagi anda untuk membaca buku lain yang ditulis Lupus dari pada yang ditulis oleh penulis yang lain. Ketika anda membaca buku yang lain dengan penulis yang sama, anda akan memperhatikan bahwa anda lebih mudah memahaminya dibandingkan dengan bacaan sebelumnya. Anda akan merasa lebih baik mengenai kemajuan bahasa Inggris anda. Di pihak lain, jika anda melompat dari penulis yang satu ke penulis yang lain (topik yang satu ke topik yang lain), anda akan selalu menemui kosa kata baru, dan gaya tata bahasa yang baru. Ini bisa positif namun juga bisa negatif atau melemahkan motivasi belajar bahasa inggris anda. Beberapa ide Berikut ini adalah beberapa ide tentang teks yang dapat anda baca dalam belajar bahasa inggris.

 • Literatur. Jenis apapun buku bahasa inggris yang anda sukai, anda dapat membacanya dalam bahasa Inggris * Buku bacaan bahasa inggris yang telah disederhanakan (contohnya buku-buku bacaan bahasa inggris terbitan Penguin Readers). Buku-buku ini adalah buku yang populer, dan ditulis kembali dalam bahasa Inggris yang sederhana untuk para pelajar bahasa Inggris. Buku-buku tersebut sempurna (perfect) untuk para pemula atau orang yang baru mempelajari sebuah bahasa yang baru, saya tentunya akan memilih salah satu dari buku-buku itu. Buku-buku bacaan bahasa inggris tersebut tersedia dalam tingkat-tingkat kesulitan yang berbeda. Yang paling sederhana hanya mengandung 200 kata dasar bahasa Inggris. Kalau Anda sudah menguasai level itu, cobalah membaca bacaan bahasa Inggris pada level yang lebih tinggi yaitu intermediate atau advanced (lebih dari 1.000 kata) – level yang terendah tidak menggunakan banyak kata. Oleh karena itu kalimat-kalimatnya terdengar tidak cukup natural.

 • Buku-buku bacaan bahasa Inggris tentang ilmu pengetahuan. Jika anda tertarik dengan ilmu pengetahuan, anda dapat memperoleh buku-buku ilmu pentahuan yang bagus sekali yang ditulis dalam bahasa Inggris. Ada banyak penulis terkenal berkebangsaan inggris yang menulis berbagai topik seperti psikologi, biologi evolusi, fisika dan ekonomi.

 • Buku Teks. Jika anda saat ini sedang belajar di bangku kuliah dan menggunakan buku-buku teks yang ditulis oleh penulis-penulis yang merupakan penutur bahasa Inggris, maka anda bisa memperoleh buku-buku tersebut dalam versi original. Jika anda sedang mempelajari sebuah bahasa komputer yang baru, anda dapat menggunakan sebuah buku yang ditulis dalam bahasa inggris. Anda akan mempelajari topik atau subyek yang anda nikmati sekaligus belajar bahasa Inggris pada saat yang bersamaan.

 • Forum dan blogs. Forum, kelompok diskusi atau blog adalah sumber bahasa Inggris informal yang tertulis. Tidak seperti sumber-sumber tertulis lainnya, seperti buku dan surat kabar, mereka sangat dekat dengan cara native speakr berbicara. Sehingga sumber-sumber tersebut adalah sumber input yang baik sekali untuk pelajar bahasa Inggris. Idealnya, bergabunglah dengan forum-forum untuk native speakers dan ingatlah bahwa banyak native speakers yang membuat kesalahan pengejaan (spelling mistakes).

 • E-mail. Seperti forum dan blog, e-mail dari native speaker adalah sumber yang bagus sekali untuk “bahasa inggris sehari-hari,” yang umumnya merupakan jenis bahasa inggris yang dipakai setiap saat sehingga anda memerlukannya (kecuali dalam suasana resmi). Berkomunikasi dengan seorang native speaker lewat internet memberikan banyak kesenangan buat anda, juga kesempatan untuk mempraktekan ketrampilan menulis bahasa Inggris anda.

• Software. Anda dapat mulai menggunakan sistem operasi komputer anda atau word processor anda dan aplikasi komputer lainnya dalam bahasa inggris. Diterjemahkan oleh Charles Roring http://www.englishland.or.id/ (Sumber: Antimoon.com)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: