Oleh: M.Arif Romadoni | 23 Juli 2010

Palsukan Karya, 1.700 Guru Riau Turun Pangkat

PEKANBARU – Sedikitnya 1.700 guru PNS di Propinsi Riau memperoleh sangsi penurunan pangkat dari golangan IVb menjadi kembali ke golongan IVa.  
 
Hal ini dilakukan karena para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut melakukan perbuatan tercela, dengan memalsukan karya ilmiah dan tanda tangan instansi terkait.
 
Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Riau Irwan Efendi mengatakan, insiden memalukan tersebut merupakan temuan dari dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).
 
Menurut dia, para guru ini memalsukan karya ilmiah yang menjadi kewajiban guru untuk naik pangkat dari golongan IVa ke IVb guna mendapatkan sertifikasi. Namun, mereka menggunakan jasa calo.
 
“Menurut para guru yang kita tanya, untuk mendapatkan sertifikasi itu mereka membayar kisaran Rp5 juta. Ini kita sangat memalukan, karena guru seharusnya menjadi contoh yang baik,” kata Irwan dalam perbincangan dengan okezone, Senin (1/2/2010).
 
Para guru yang memalsukan karya ilmiah itu hampir dilakukan di sejumlah kabupaten dan kota di Riau. Dan yang paling terjadi di yakni di Pekanbaru dengan 514 guru, disusul Kabupaten Kampar 514 guru, dan Kabupaten Kuansing 302 guru.
 
Bahkan menurut Irwan, pemalsuan karya ilmiah ini sudah berlangsung sejak 2007 lalu dan dilakukan oleh tenaga pendidik yang sudah mendekati pensiun. Atas temuan ini maka ribuan guru harus mengembalikan fasiltas yang mereka nikmati sejak digolongan IVb.
 
“Selain itu, para guru ini harus juga mengembalikan tunjangan gaji yang mereka nikmati selama ini. Untuk itu kita akan berkordinasi dengan dinas pendidikan yang ada di kabupaten dan kota,” pungkasnya.
(teb)

Ditulis Ulang: Muhammad Arif Romadoni

Sumber : Banda Haruddin Tanjung – Okezone, edisi 01 Feb 2010


Responses

  1. semoga hal ini tak terjadi lagi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: