Oleh: M.Arif Romadoni | 1 Agustus 2010

Tak Mungkin Guru Swasta Diangkat Jadi PNS

JAKARTA–Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) EE Mangindaan meminta Komisi II DPR RI serta pihak lainnya agar tidak memaksakan guru swasta untuk bisa diangkat sebagai PNS. Alasannya, peluang pengangkatan jadi PNS hanya terbuka bagi tenaga honorer. Dan aturan tentang pengangkatan honorer menjadi PNS sudah sangat jelas.

“Tolong, anggota dewan yang terhormat jangan paksakan saya mengangkat guru swasta menjadi PNS. Sebab ini sangat tidak mungkin saya lakukan, karena sama saja melanggar undang-undang,” aku Mangindaan dalam raker dengan Komisi II DPR RI, di Senayan, Senin (26/7).

Penyelesaian guru honorer untuk tahun ini, lanjutnya, difokuskan pada tenaga yang tercecer dan sesuai PP 48 Tahun 2003 jo PP 43 Tahun 2007. Itupun yang dibiayai APBN/APBD. Sedangkan guru honorer tercecer yang gajinya tidak dibiayai dari APBN/APBD diselesaikan tahun depan.

“Kalau dua kategori itu sudah diselesaikan, penyelesaian honorer untuk kategori lainnya seperti honorer yang tidak dibiayai APBN/APBD tapi bekerja di instansi pemerintah menyusul,” ucapnya.

Untuk guru honorer yang tidak tercecer,  tidak dibiayai APBN/APBD tapi bekerja di instansi pemerintah akan dites sesama honorer. Sedangkan guru swasta bisa menjadi PNS dengan catatan mengikuti seleksi CPNS secara umum.

“Kalau mau guru swasta jadi PNS dia harus melamar dan dites sebagaimana pelamar umum lainnya. Kalau minta diangkat tanpa tes atau dites sesama honorer, tidak bisa,” tegasnya. (esy/jpnn)

Sumber: JPNN.com, 26 Juli 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: