Oleh: M.Arif Romadoni | 1 Agustus 2010

Terlalu Banyak Beban, Jadi Tidak Fokus

Hendra Kwee Soroti Sistem Pendidikan Indonesia

JAKARTA–Pemerintah harus mengubah sistem pendidikan untuk anak SD sampai SMA. Sistem yang ada sekarang dinilai membebani siswa dan hanya menguasai suatu ilmu di kulitnya saja. Penegasan tersebut dikatakan Hendra Kwee, pengamat pendidikan yang juga pembina tim olimpiade Fisika saat ditemui JPNN di Citywalk, Selasa (27/7).

“Bagaimana siswa kita bisa mendalami suatu pelajaran kalau di sekolah disodori 16 mata pelajaran. Itupun siswa diwajibkan harus mendapatkan nilai bagus,” ujarnya.Secara logika, lanjut Hendra, bagaimana siswa dapat memahami seluruh mata pelajarannya. Kalaupun dikuasai hanya yang dangkal-dangkal saja.

“Coba diuji kalau mereka menguasai benar salah satu mata pelajaran. Pasti mereka tidak tahu,” katanya.Akibatnya siswa jadi sulit ketika menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. “Problema itu paling banyak dialami siswa SMU. Mereka bingung mau kuliah di mana karena tidak punya keahlian di satu pelajaran,” tandasnya.

Untuk mengatasi itu, Hendra menyarankan agar sistem pendidikannya diubah. Misalnya membatasi jumlah mata pelajaran dan siswa diberi kesempatan untuk memilih salah satu untuk didalami.”Mendingan mata pelajarannya sedikit tapi didalami, daripada banyak tapi tidak dikuasai,” ucapnya. (Esy/jpnn)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: