Oleh: M.Arif Romadoni | 5 Agustus 2010

PERMENKEU PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI GURU PERLU DISEDERHANAKAN

JAKARTA–Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK), Kementerian Pendidikan Nasional, Baedhowi, mengatakan, peraturan menteri keuangan (permenkeu) mengenai tata cara pencairan tunjangan profesi guru perlu disederhanakan. Tata cara dan persyaratan yang terlalu ketat dari kementerian keuangan (kemenkeu) dianggapnya memperlambat proses pencairan tunjangan.

”Sudah ada surat mendiknas ke menkeu supaya pelaksanaan pencairan tunjangan profesi tidak terlalu ketat,” ujar Baedhowi, Rabu petang (4/8).

Baedhowi menjelaskan, guru yang sudah lulus sertifikasi akan mendapatkan tunjangan melalui pemerintah kabupaten/kota. Karena pelaksanaan pencairan dana tunjangan profesi guru melalui kabupaten kota untuk tahun pertama, maka diperlukan permenkeu.

Ketika dibuat permenkeu tersebut, Baedhowi mengungkapkan persyaratan pencairan terlalu banyak. ”Oleh karena itu, kabupaten/kota memerlukan banyak sekali berkas dari guru yang bersangkutan. Sebenarnya sudah dikumpulkan oleh guru pada saat mereka disertifikasi,” jelasnya.

Dalam permen tersebut, guru harus membuktikan sertifikat yang dilegalisasi oleh perguruan tinggi surat pernyataan melaksanaan tugas, dan masih banyak lainnya. ”Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kami perbaiki terkait pelaksanaan pencairan guru itu. Sebelum Lebaran Insya Allah cair,” jamin dia.

Dana tunjangan profesi guru sebesar Rp 10,99 triliun untuk tunjangan profesi 2010 yang dibayarkan melalui kabupaten/kota. Jumlah guru sebanyak 380 ribu di tingkat kabupaten dan di tingkat provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID, 4 AGUSTUS 2010

 


Responses

  1. saya setuju tentang adanya serrrrrrrrtiiiiifiiiiikaaaaasiiiikatpikasi
    namun seletlah lulus jadi tunjangan KAKEANE kenapapa..! KARENA KEMENTRIAN AGAMA SANGAT BUAT ADA ada terusan tiap akan ada pencairan buat jalan sulit .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: