Oleh: M.Arif Romadoni | 2 September 2012

Blue Moon: Bulan Biru Yang Hanya Mitos atau Memang Fakta?

Blue Moon adalah sebutan pada bulan purnama kedua yang terjadi dalam rentang waktu sebulan. Benarkah ketika terjadi Blue Moon, bulan benar-benar berwarna biru?

Dalam masyarakat berbahasa Inggris, frasa ‘blue moon’ bermakna pada keabsurdan, ketidakmungkinan, atau ketidakmustahilan. Ketika seseorang berkata, ‘suatu saat ketika bulan biru’ hal ini bermakna pada sebuah kejadian yang akan berlangsung pada kesempatan sangat langka. Namun, benarkah istilah ‘blue moon’ didapatkan dari orang-orang yang dahulu pernah melihat bulan berubah warna menjadi biru?

Istilah hanyalah istilah. Blue moon sendiri merupakan sebutan untuk bulan purnama kedua dalam satu bulan di kalender Masehi. Bagaimana hal ini terjadi? Periode bulan mencapai purnama membutuhkan waktu sekitar 29 hari. Sementara bulan pada kalender Masehi berkisar pada 30 atau 31 hari, mungkin saja suatu ketika terjadi dua kali bulan purnama dalam sebulan. Biasanya hal ini terjadi dalam rentang waktu 2,5 tahunan.

Meski hanya merupakan istilah, bulan memang benar-benar pernah terlihat biru. Tidak hanya saat purnama, saat bulan sabit atau separuh, bulan kala itu berwarna biru. Kejadiannya berlangsung setelah letusan raksasa Gunung Krakatau pada 1883. Debu vulkanik Krakatau bertebaran di angkasa. Dan kala itu, pandangan mata pun menangkap bulan yang berwarna biru, bahkan sesekali hijau. Tidak hanya bulan, matahari pun terlihat berwarna ungu.

Bulan berwarna biru juga terjadi setelah erupsi gunung berapi El Chichon di Meksko, pada 1983 seperti halnya pasca letusan Mount St. Helens pada 1980 dan Pinatubo pada 1991.

Blue moon yang dilihat pada 31 Agustus 2012 kemarin, tentu bukan blue moon yang berwarna biru, tapi bulan purnama yang tampak untuk kedua kalinya sepanjang bulan Agustus. Kalau Anda melewatkannya, tunggulah pada bulan Juli 2015 mendatang. Jangan lupa mengeset kamera atau mengedit foto sehingga blue moon yang Anda saksikan benar-benar menjadi ‘blue moon’.

Sumber: sidomi.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: