Oleh: M.Arif Romadoni | 14 Oktober 2012

Sekolahku adalah Surgaku part-2

Bercermin dari pemberitaan media massa dan yang terjadi saat ini mengindikatorkan pada rendahnya penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di lingkungan pendidikan, sebagai contoh meningkatnya tingkat kenakalan remaja, perilaku merusak diri (merokok, seks bebas dan lain-lain), merosotnya spirit untuk belajar dan datang kesekolah dan menemukan hal-hal baru atau hasil karya penelitian, penggunaan kata-kata yang tidak sopan dikalangan pelajar, dan terakhir kurangnya tanggung jawab siswa sebagai individu dan masyarakat yang kurang peduli dengan perkembangan mental siswa atau remaja.

Berada dilingkungan pendidikan menuntut kita untuk selalu menggali hal-hal positif, penemuan-penemuan  ilmiah yang bermanfaat bagi kehidupan. Bukan jamannya lagi Proses Belajar Mengajar dilaksanakan dengan mencela, kekerasan, menyinggung perasaan orang lain, selalu melihat kelemahan orang lain tetapi hal yang paling urgen adalah melakukan proses atau tahapan pengembangan potensi diri yang telah kita miliki kearah yang lebih baik.

Berkaitan dengan hal tersebut Perubahan mendasar harus segera dilakukan yang meliputi:

(1) Pola pikir seluruh warga sekolah.sudah selayaknya siswa, guru dan semua warga sekolah selalu berkomitmen, mempunyai kebulatan tekad serta memiliki kesamaan visi utuk memajukan dan mengharumkan nama baik sekolah.

(2) Sistem atau tata kelola yang baik.Manajemen yang terorganisir dapat dipastikan menjadikan seluruh komponen warga sekolah memahami dan melaksakan tugas dan tanggungjawab masing-masing sebagai kewajiban bukan sebagai paksaan

(3) Pemanfaatan dan pengembangan seluruh potensi dan komponen yang ada dilingkungan sekolah. Keberhasilan yang akan dicapai tidak terlepas dari peran serta semua pihak.

Mari secara bersama-sama merubah paradigma siswa sebagai remaja yang kurang baik menjadi SISWA YANG BERPRESTASI.Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter tidak seharusnya menjadi hal yang ditawar lagi. Budaya malas kita dengan rajin dan bersemangat, kejujuran, kerukunan, disiplin dan sebagainya.

Sehingga Slogan Sekolahku adalah Surgaku selalu diikrarkan disetiap sanubari Siswa, Guru, Pegawai, Kepala Sekolah.

sumber: http://www.kompasiana.com/marifromadoni


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: