Oleh: M.Arif Romadoni | 7 November 2012

Hari Pahlawan Apaan Sih…?

Demikian ungkapan beberapa siswa di sebuah kantin sekolah. Hari yang biasanya menjadi salah satu moment berharga bagi kita semua dikarenakan adanya Pemberian gelar pahlawan baru kepada orang yang pernah berjasa bagi Negara ini, ternyata dilupakan begitu saja oleh siswa-siswa tadi.

Ternyata perbaikan kurikulum pendidikan tidak lebih penting dibanding perbaikan dan pembinaan karakter warga yang ada dilingkungan pendidikan atau sekolah. Pembinaan karakter warga sekolah menjadi harga mati untuk segera dilakukan.

Pendidikan budi Pekerti yang telah dikunyah oleh kakek nenek kita dahulu, mengakibatkan mereka menjadi pribadi yang penuh kharisma, pribadi yang bersahaja. Demikian juga para pahlawan kita, pribadi-pribadi yang menjadi pemimpin dan teladan bagi semua orang dikarenakan oleh karaktek /watak baik yang mereka miliki.

Celakanya Siswa maupun guru banyak yang tidak kenal apalagi mengenal dekat pahlawan yang berasal dari daerahnya sendiri dan kurangnya perhatian seluruh komponen sekolah untuk mengenal lebih dekat tokoh atau pahlawan yang ada di Indonesia.

Selanjutnya ketika menyinggung tentang lagu-lagu kemerdekaan, lagu perjuangan, lagu kepahlwanan cenderung siswa maupun guru untuk melupakan hal itu tetapi ketika ditanya tentang lagu atau album terbaru sebuah kelompok band terkenal saat ini, tentu mereka akan hapal.

Memaknai hari pahlawan dapat dilakukan disekolah dengan cara sebagai berikut:
1. Tumbuhkan semangat gotong royong seperti budaya yang telah diwariskan para pahlawan kita jaman dahulu. Gotong royong dapat dilaksanakn disekolah pada hari yang disepakati oleh seluruh siswa, guru, kepala sekolah. Sekaligus membudayakan slogan “Lisa”(lihat sampah ambil).
2. Mengadakan perlombaan yang bertemakan “Kepahlawanan” berupa drama kepahlawan, peragaan busana pejuang, lagu-lagu perjuangan.
3. Mengundang tokoh pejuang/veteran yang ada didaerah sendiri untuk berdiskusi kepada seluruh siswa, guru, pegawai dan kepala sekolah.

Sumber:http://biologikuliah.blogspot.com/2012/11/hari-pahlawan-apaan-sih.html

 

 

HUT PGRI

Download Tertib Upacara HUT PGRI Klik disini

Download KERANGKA ACUAN HUT PGRI Klik Disini

Download SAMBUTAN KETUM PGRI TENTANG HUT PGRI Klik Disini

Download Contoh DOA UPACARA HUT PGRI Klik Disini

Download SEJARAH PGRI Klik Disini

Download Sejarah HUT Guru di Berbagai Negara Klik disini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: