Oleh: M.Arif Romadoni | 17 Maret 2015

Mengajar atau Mendidik?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, Mengajar adalah memberi pelajaran, melatih. Mengajar bukanlah hanya menuangkan bahan pelajaran ke dalam otak murid, atau menyampaikan kebudayaan bangsa kepada anak-anak. Mengajar bukanlah guru masuk kedalam ruang kelas dengan perintah merangkum bahan bacaan, bukan pula memberi materi pelajaran yang didalamnya anak didik tidak boleh bertanya, bersuara tetapi diam dan senyap. Mengajar bukan juga dengan memberi contoh merokok didalam ruang kelas.

Mengajar bukan pula menyampaikan “materi usang” kepada anak didik dikarenakan mereka telah terlebih dahulu mendapatkannya dari media online. Mengajar tidaklah dengan hanya menulis di papan tulis tanpa pernah mau menggunakan media pembelajaran yang lain seperti Laboratorium, Ruang Multimedia, Ruang Komputer atau menggunakan laptop dan sebagainya. Maka mengajar berupa bahan ajar dalam bentuk ilmu pengetahuan. Prosesnya dilakukan dengan memberikan contoh kepada siswa atau mempraktikkan keterampilan tertentu atau menerapkan konsep yang diberikan kepada siswa agar menjadi kecakapan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Strategi dan metode yang dapat digunakan untuk mengajar misalnya ekspositori dan inkuiri Sedangkan mendidik adalah memelihara dan memberi latihan, ajaran, tuntunan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran Jika ditinjau dari segi proses, maka mendidik berkaitan dengan memberikan motivasi untuk belajar dan mengikuti ketentuan atau tata tertib yang telah menjadi kesepakatan bersama. Kemudian bila ditilik dari segi strategi dan metode yang digunakan, mendidik lebih menggunakan keteladan dan pembiasaan. Guru yang hanya mengajar disekolah bisa saja kehadirannya tidak diharapkan dikelas tetapi guru yang mendidik selalu dicari, ditunggu oleh anak didik untuk mendapatkan hal-hal baru dan pengetahuan terbaru dari sang guru.

Kesimpulannya bahwa mengajar secara sederhananya merupakan kegiatan teknis keseharian seorang guru. Secara sederhana dapat dikatakan mengajar yang baik adalah mendidik. Dengan kata lain mendidik dapat menggunakan proses mengajar sebagai sarana untuk mencapai hasil dalam mencapai tujuan pendidikan.

Sumber:http://edukasi.kompasiana.com/2012/12/07/mengajar-atau-mendidik-514207.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: